Minggu, 06 November 2011

SURAT IZIN ASISTEN APOTEKER

-->
Surat izin asisten apoteker alias SIAA adalah selembar kertas yang yaa lumayan penting dalam kehidupan gw .
KENAPA? Karena tanpa SIAA ..gw dianggap AA ilegal atau asisten apoteker ilegal yang gak punya izin kerja atau praktek kefarmasian.oh No!

Dulunya SIK surat Izin Kerja dan berubah menjadi SIAA surat Izin Asisten Apoteker

Tadinya sih masabodo deh gue sama SIAA tapi apa mau dikata ada SIDAK dirumah sakit tempat gue kerja ..
Berasa SIAA gue habis masa berlakunya paniklah gue, untung ada batas pengumpulan. jadi gue masih ada kesempatan ngurus perpanjangan SIAA.
Sial! Mana ternyata gue doang lagi yang masa berlakunya abis. AA yang lainnya bukan karena udah ngurus perpanjangan, tapi emang lulusan jadul ternyata ga ada acara perpanjangan2.
Ih BETE! Ternyata dari lulusan diatas gw (2004) kebawah 
*kalo gue lulusan 2005* peraturannya diubah tiap lima taun sekali harus urus perpanjang masa berlaku SIAA.
SIAA gue berlaku sampai 20-12-2010 ...hmmmpp udah lewat sial harus diurus nih berati.
Dengan sekuat tenaga gue carilah info perpanjangan SIAA .

Pertama: gue smslah kaka kelas gue ...teorinya sih dia pasti lebih dulu abis dong masa berlakunya dari gue pasti udah ngurus donggg yaa...
Ka ina yaa itu nama kaka kelas gue sekaligus temen kos gue semasa sekolah dulu dia bilang "sesuai kerja de, kamu kerja di daerah mana? kalo jawa barat selain jakarta ngurusnya langsung ke dinas kesehatan pusat de ke dinkes bandung".

Apah?????!!!! BANDUNG??? Oh My God masa Cuma ngurus ginian gue harus kebandung sih bukannya ke dinkes jakarta ya?
Secara gitu kan guweh #mulaiAlay lulusan Jakarta masa ga bisa sih ngurus ke dinkes jakarta aja ...

yaa coba aja dulu de, gue sih kemarenan kolektif ma temen2 gue siapa tau bisa diurus di dinkes jakarta jl kesehatan pokonya daerah tanah abang deh” kata ka ina

Pertama ...yang gue lakuin gue survei dulu ke dinkes bogor ..
Tepatnya di daerah PEMDA BOGOR yaa situlah pokonya ..tanya2lah gue sama si ibu yang khusus ngurus apa2 yang berhubungan sama Asisten apoteker
Cukup lama juga nunggu si ibu2 itu.
yayayayya namanya juga punya kepentingan ya harus sabarlah menunggu.

Yaaa neng sekarang mah udah ga bisa ngurus disini neng harus ke pusat langsung diBandung nih ...#kata si ibu sambil nyodorin selembar kertas
Isi ini dulu (surat permohonan dari lulusan luar propinsi jawa barat)

*Tapi saya kan lulusan jakarta bu?*

Yaa coba aja ke jakarta dulu siapa tau boleh ngurus kesana.. kalo ga bisa baru kamu isi ini 
                        
                                                                             Kepada
Nomor:                                                        Kepala Dinas Kesehatan
Lampiran : -                                                Provinsi Jawa Barat
Perihal : Permohonan penerbitan
               Surat Tanda Registrasi            
Jl. Pasteur No 25,Bandung40171
Asisten Apoteker
----------------------------

Dengan hormat,
Yang bertanda tangan dibawah ini,
Nama lengkap : ...................................
Alamat : ...................................
Tempat, Tanggal lahir : ...................................
Jenis kelamin : ....................................
Tahun lulusan : ....................................
Dengan ini mengajukan untuk mendapatkan surat izin
Sebagai pertimbangan kami lampirkan :
  1. fotocopy ijazah pendidikan ............yang telah dilegalisir oleh direktur jendral pendidikan tinggi.
  2. surat keterangan sehat dari dokter yang mempunyai SIP yang masih berlaku .
  3. Pas foto berwarna ukuran 4x6 sebanyak 2 (dua) lembar, khusus untuk fisioterapis diperlukan 3 (tiga) lembar.
  4. fotocopy lafal Sumpah Profesi khusus Asisten Apoteker
  5. surat izin tenaga Kesehatan yang telah habis masa berlakunya, khusus untuk registrasi ulang.
  6. rekomendasi dari organisasi profesi.
  7. surat keterangan bekerja dari pimpinan sarana pelayanan kesehatan di provinsi Jawa Barat.
Demikian ,atas perhatian Bapak/ibu, kami ucapkan terima kasih.

...................., ...........20.....
Pemohon

..................................


*untuk melengkapi nomor 6 yang diatas harus isi form dibawah ini*

PERMOHONAN UNTUK MENJADI ANGGOTA PERSATUAN FARMASI INDONESIA (PAFI)
CABANG KABUPATEN BOGOR


BIODATA

1. NAMA LENGKAP : ...................................................................
2.TEMPAT, TANGGAL LAHIR : ..................................................................
3.ALAMAT : ...................................................................
4.JENIS KELAMIN : ....................................................................
5.TEMPAT PENDIDIKAN : ....................................................................
6.TAHUN LULUSAN : ...................................................................
7.TEMPAT BEKERJA : ...................................................................
8.ALAMAT TEMPAT KERJA : ...................................................................

Demikian Bio data ini saya buat dengan sebenar-benarnya dipergunakan untuk persyaratan menjadi anggota persatuan ahli farmasi (pafi) cabang kabupaten bogor.

...................., ................2010
Pemohon


(.................................................)

Dilengkapi dengan :
1.ijasah
2.SIK/SIAA
3.lafal sumpah AA
4.pas photo uk.3x4 sebanyak 2lembar (berwarna)
-->

*syarat bergabung ke PAFI harus bayar iuran 5rb/bln yang dibayar tiap thn 60rb/thn*
Hmmmmm ...bayar iurannya sih ga masalah yaa ...tapi gue males ngasih iurannya berati tiap tahun gue harus kesini dong (dinkes) repot
Udah gitu setelah semua ini lengkap pun gue masih harus mengurus ini lagi kebandung ...duhhh ribbet!
Mana kata si ibu dinkes bogor dinkes bandung tuh ribbet teliti lagi sekecil apapun kalo belum lengkap pasti disuruh balik lagi ..#jleb! Udah down duluan galausegalaugalaunya

Aha! Masih ada cara kedua .. dan gue pun coba meluncur ke dinkes Jakarta di Jl.KESEHATAN tanah abang
Sekarangg gue keluarin jurus kedua ..gue callinglah temen satu angkatan gue DESI yang ternyata udah ngurus perpanjangan .

Hmppp... dia si enak domisili jakarta kerja dijakarta lulusan jakarta AGATA gitu loh! #aseek Laaa guweh?

Aha! Akal bulus gue pun bermain pura2lah gue kerja dijakarta #ampunDJ
Ibu SUSI s.sos galak abieeesss tapi cantik sih langsung nyecer pertanyaan ke gue

kerja dimana? kalo selain jakarta ngurusnya kebandung nih!” dengan nada sinis
mmm..jakarta bu!” gerogi mampus
”jakarta mana?” ga mudah ditipu
”jakarta timur” sedikit ragu
”di?” si bu susi pantang menyerah
”apotik bu daerah cakung” berusaha meyakinkan
”oh!” sedikit ngelirik lalu berlalu
surat keterangan kerjanya?” bu susi masih nyecer
menyusul bu lupa bawa” gue ngeluarin jurus andalan
jangan lupa yaa”
#gue Cuma manggut2

Hahay! Aseeekk2 kena tipu dia *oh mudahnyaaaa..
Disuruh ngisi lah gue form berikut....

Perihal : Permohonan Surat Izin
Asisten Apoteker
-->

Kepada
Yth. Kepala Dinas Kesehatan Provinsi
Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Jl. Kesehatan No.10
Jakarta Pusat
Dengan hormat,

Yang bertanda tangan dibawah ini,

Nama lengkap : ...................................................
Alamat lengkap dengan No. Telepon : ...................................................
Tempat lahir (tulis juga provinsinya) : ....................................................
Tanggal lahir : ...................................................
Jenis kelamin : ....................................................
Lulusan & tahun lulus : ....................................................

Dengan ini mengajukan permohonan untuk mendapat Surat Izin Asisten Apoteker. Sebagai bahan pertimbangan terlampir :
  1. Fotocopi Ijasah Asisten Apoteker
  2. Fotocopi Transkrip Nilai Akademik
  3. Surat Keterangan Sehat dari dokter
  4. Pasfoto ukuran 4x6 sebanyak 2 (dua) lembar
  5. Surat sumpah & keterangan kerja
Demikian atas perhatian Bapak/Ibu kami ucapkan terima kasih.

Jakarta, ............
Yang mengajukan permohonan,

....................................................
-->
15 maret 2011
Setelah surat permohonan diatas gue isi, gue disuruh memfotocopy dan copyan tsb diparaf lengkap dengan nomor telfon dinkes jakarta .

Yang aslinya beserta syarat dan SIAA lama gue disuruh dibawa ke gedung sebelah ..ternyata yang ngurus anak2 PKl loh digedung sebelah
#sumpah!tidak sesulit yg gue bayangin

Kata si ibu susi gue telfon dulu SIAA baru gue dah selesai dikerjain apa belom baru gue bisa ambil .hmmmmpppp keluar dari dinkes jakarta bersama desi temen gue penuh LEGGGAAAAAA ...

-->
Dan sesuai janji gue, gue akan traktir desi kalo dia mau anterin gue ...capcuslah kita ke MC Donald PGC

Singkat cerita ... 25 Maret 2011 akhirnyaaa SURAT IZIN ASISTEN APOTEKER

saya sudah diperpanjang berlaku sampai tanggal 20 Desember 2015 Yey! Horrrayyy

........
2bulan kemudiannn.....
TIBA-TIBA ADA KABAR BURUK MENIMPA...!!!!!! jeng jenggg..
Baruuuu ajaaa uncang2 kaki & bernafas lega terbebas dari urusan SIAA yang lumayan bikin pusing .

Oh No! Gue dapet info kalo SIAA yang dulunya bernama SIK sekarang berganti lagi menjadi STRTTK apalagi sih nih?
Oh My God! Oh No! Apa2an nih cape2 gue ke tanah abang kemarenan ujung2nya ke Bandung2 jugaaa....eeghhhhhhh nasipppppp2
#Jleb!Tragissetragistragisnya

7 komentar:

  1. subhanallah...sesuatu bener.:)

    BalasHapus
  2. Balasan
    1. sama ajasih cuma ganti nama doang
      tapi ya tetep aja suruh bikin ulang

      Hapus
  3. Assalamualaikum mau nanya saya lulusan smkf bengkulu thn 2013, blum punya srttk tapi skrang stay diajakarta.. apakah bisa bikinya didinas kesehatan jakarta?
    dan bikin srttk apakah perlu kepafi dlu?

    BalasHapus