Sabtu, 09 Mei 2009

Hari itu ..

Hari itu ..
4nop'08 ..seperti hari-hari biasanya ..
gw bangun pagi karna gw harus kerja masuk pagi 07.00 wib di RS mery
Hari itu juga gw harus kerja masuk siang 14.30 wib di RS Thamrin ..
udah 3hari terakhir ini gw warawiri dari 1RS keRS lain alias double job .

buat sementara gue warawiri tempat kerjaan ..
Dengan satu alasan saat itu gw ada rencana resign ..
Sambil menunggu pengganti ditempat yg lama..
Selama 2minggu atau sebulan terahir double job dulu soalnya ya memang itulah persyaratnya kalo mau keluar .
harus sebulan sebelumnya ngajuin pengunduran diri .

pagi itu gw berangkat bareng ade bontot gw yang masih kelas  2 SMA ..
sambil nunggu ade gw yang masih rempong and the ribet
jadi gw sungkem dulu ma Nyokap ,,
nah pas ade gw siap .. gw sungkem lagi .

spontan nyokap bilang:"perasaan kamu salim mulu "
emang iya? gw sampe gak inget udah berapa kali gw salim/cium tangan .
Sebelum itu gw sempet ngobrol2 dulu ma nyokap ..
gw iseng aja si nanya2 ma nyokap :"mah,boleh gak kalo ica ajeb2,dugem gitu?"
eh nyokap jawab:" emangnya nanti kalo mati ditanyain MAN DUGEMKA? alias udah penah dugem belum? ,ga kan ?"

"tumben si pake item-item? mau ngelayat siapa kamu?" nyokap nanya .
hehhehh .. gw cuma cengar cengir ..
gak tau kenapa hari itu bawaannya gw kepingin aja pake atribut serba item ..

sampenya diRS mery ..dari perawat sampe ute pade nanyain ade ape pake item-item ?
tapi siangnya pas gw ke RS Thamrin ganti baju ..
yaa biar gak bau ketek aja ..
masa dari pagi sampe sore bahkan sampe malem gw pake baju yang itu itu aja ,,

waktu di RS Thamrin rasanya pengiiiiin banget di sms .. ama siapa ajah deh pokonya
gatau knapa ?
yaa perasaan pengin aja rasanya dikasih kabar ama siapa aja ..
perasaan jadi gak keruan..

eh bener aja .. gw langsung dapet sms dari om gw .
yang isinya:" ca,gimana kerjaan kamu ? mama gimana udah sehat ?"

gw bales sms dari om gw:
"Alhamdulilah aku diterima diRS Thamrin, ini lagi
double dulu sementara.. alhamdulillah mama juga sehat"

kenapa om gw nanya gitu ?
yaiyyyalah ..om gw udah tau klo gw dpt tawaran kerja diRS Thamrin
soalnya pas interviewnya gw ketemu sama om gw yang kebetulan lagi berobat
disana ..(si zahra anak bontotnya sakit).
Dan .. tentang nyokap,dia juga tau kalo nyokap gw kemarenan abis sakit batuk
dan yang dia denger kalo nyokap gw batuknya sampe ngeluarin riak darah soalnya dia tau dari cerita nyokapnya alias mbah gw yang kebetulan main
ke rumah gw ..

gw bales sms om gw itu kira2 pas banget di ojeg menuju pulang dari
RS Thamrin sekitar jam 21.00 wib .

sesampenya gw dirumah ..niatnya si pengin langsung tepaaaaar ..
tapi ..hari itu ..saat itu ..

gw udah berkali2 ngucap salam ( Assalamualaikumm ....!!!!! )
pintu rumah gw lumayan lama dibuka ..
Nyokap gw dari arah belakang rumah keliatan lagi ngap2pan
saat bukain gw pintu ..

pas pintu dibuka ..
kenapa ma? batin w ..pakeannya rapih kaya abis ngaji .. ko ngap2pan si
napasnya kaya orang sesak ..ga biasanya .

nyokap gw emang si gemuk ..tapi napasnya gak kaya gitu ko ..
beberapa terakhir ini emang si dia pernah ngeluh sesak ..
tapi ..kata dokter diKlinik deket rumah gw nyokap baik2 aja

mah..knapa? tanya gw waktu itu ..
beliin neo napasin dong ..nyesek banget,kata nyokap

ih kenapa lagi nih orang tua ?
kenapa gak ntar aja si sakitnya klo gw udah ganti baju ..
tau gak si gw kan baru pulang ..(batin gw saat itu ).

gw ganti baju sebentar trus langsung tancep GAS alias lari sana lari sini
nyari warung yang masih buka ..
warung dirumah gw tutupnya pada cepet jadi mau ga mau gw beli obat diwarung yang banyak anak2 muda pada nongkrong ..
mana gelap..  remang2 lagi
ih kan banyak yang pacar2ran..gerah gw liatnya
sukur2 gw gak liat yg sruput2tan malah kadang2 klo lagi sial suka mergokin yang lagi begituan alias cup cup ..ya you knowlah ..
..ih pokonya BETEEE ..

Selain itu GEDEG ..kadang2 mulutnya itu resek .

gw beli obat pake ngebut .. itu anak anak rese sempet nyeletuk :
"woi..woii..jatohh tuh duitnya !!!"
what ? jatohh ? gw tau betul kalo gw bawa duit dikantongin ..
jadi kayanya gak mungkin deh kantong gw bolong mendadak .

pas sampe rumah ..
napas nyokap tambah parah ..kedengeran banget tambah parahnya ..
gw kasih obat tetep ga ngaruh .

Mama pengin dibawa keklinik ..iya..ayo keklinik,tapi mamanya?
diajak jalan aja ga bisa ..
gw gak kuat ..yaALLAH pada kemana orang rumah?
ade gw pada kemana?
kenapa 1orangpun gak da dirumahh ?

gw sempet diem sebentar kebingungan ..
ga lama kemudian ..ade gw keluar dari kamar .
yaAmpun ..ternyata ade gw ada dikamar ..ni anak !!!

ade gw cuma bengong 1/2 nyawanya masih belum ngumpul ..
Diem aja bediri didepan pintu ngeliatin gw ama nyokap yang waktu itu posisinya
ada di bangku depan teras rumah .

eh goblog! ..bantuin ..Teriak gw sekenceng2nya ke ade gw ..
gw & ade gw nyoba nggotong nyokap alias mapah nyokap menuju klinik ..
gw lingkerin tangan kanannya ke pundak gw & ade gw sebelah kirinya .

gw & ade gw mbopong nyokap and mapah nyokap ke klinik ..
tetangga gw yang kebetulan lagi nutup warungnya ngeliat gw and ade gw mapah nyokap
spontan gantiin posisi ade gw ..
ahirnya gw and tetangga gw itu yang mapah nyokap ke klinik ..

sampe di klinik ..
nafasnya makin tersengal2 ..pandangannya kosong ..
gw makin bingung campur panik ..

seketika dr. dateng and langsung dipasang selang+oksigen
banyak tetangga2 dateng ngeliat and warawiri sana sini ..
ribut ini ribut itu ..
"minyak kayu putih ..minyak kayu putih .."kedengeran suara2 ribut..
Dan gw ambil minyak kayu putih ..
gw coba nelfon bokap yang lagi kerja
berulang kali telfon biar cepet pulang ..

dr.bilang : Nis,harus cepet dibawa kerumah sakit ini ..
kebetulan dr. diklinik itu dr.ditempat gw kerja juga ..
dr.bilang bawa aja keRS tempat gw kerja itu ntar dia coba telfon dr. yang jaga
biar gw dateng langsung stanby ,,

gw bingung .. gw panik.. gw pusing saat itu ..
gw mau bawa nyokap pake apa? dr.yang baik hati.. [pak dr.Makasihh ..]
nawarin pake mobilnya .. gw pun mengiyakan ..
pak dr. baru mau ngeluarin mobilnya dari bagasi ..
keduluan ama taksi yang dicariin ama tetangga gw yang baik hati pula ..
[Makasih tetanggaku ..] supirnya gw kenal soalnya tu supir temen bokap gw ..

dibawalah nyokap menuju RS .. gw and ade gw duduk didepan ..
diblakang nyokap dijaga ama dua tetangga gw ..
si ibu yang satu di sebelah kanan mamangku kepalanya ..
dan si ibu yang satu lagi mangku kakinya ..

mulutnya terus ngeluarin busa..itu yang si tetangga gw bilang dari arah belakang mobil ..
gw kasih jaket gw buat ngelap mulutnya ..
pas mau berangkat gw baru inget ade bontot gw !!!
dia minta ikut tapi ga muat and ahirnya dia ditinggal ..

kemana nih ? tetangga gw nanya?
ke tempat kerjamu yang lama atau yang baru ?
ke yang lama aja ..[gw bilang]
tapi kan deketan yang baru ?
gak,yang lama aja ?
kenapa? ya ..biar ditanganinnya cepet ,,kalo yang baru kan belum banyak yang
kenal ntar bisa2 nyokap ga ditanganin ..
ahh ..ga kebayang deh ,,

gilaaa ..ni taksi pa taksi si? jalannya lama bangetttt ..
ayoo dong cepet ...

nyampe juga ahirnya ..sial !!!sial !!! kenapa pintunya mendadak susah dibuka ..
sabarr !!sabaar !!!
si supir turun duluan baru dia bukain pintu gw ..
setelah itu gw ga pikir panjang lagi ..langsung masuk ke ugd tereak:
tolong dong troli ..!!!troli !!!
si perawat cengengesan.knapa nis ?
plisss .. ini bukan waktunya becanda ..ayoo dong cepet ..
apalah namanya itu ?? kasur dorongkah? trolikahh ?? yaa pokonya itu deh ..
pasti pada ngerti kan ??

siapa nis ??? temen satu instalasi yang pas jaga malem tanya ke gw ..
nyokap gue .. 

nyokap lagi ditanganin ..perawat yang satu sibuk pasang selang oksigen..
sedangkan perawat yang lain sibuk masukin selang apalah itu namanya ..ada yang sibuk pula sama alat detak jantung

EKG ..gak lama kemudian perawat mompa dada nyokap ..sempet dibantu juga sama alat ..

perasaan gw makin ga keruan ..kacau ..
tapi gw terus positif thinking and yakin masih ko masih ada harapan ..
tapi alat itu ..gw tau banget kalo udah pake alat itu ..ah entahlah ..

ditaksi tadi pikiran gw udah kacau ..kalut ..membayangkan ini dan itu ..
memikirkan banyak kalau ..kalau ini..kalau begini begitu ..
gak ..pokonya gw yakin masih ada hal yang baik nantinya ..

gw liat proses ini ..gw liat ..depan mata gw ..
dr.bilang ke gw dengan suara pelan ..ini kalo dimedis sudah dinyatakan gak ada ..
GAK ..GAKKK !!!boong banget si ni dr.

semua perawat udah berusaha semaksimal mungkin ..
ya,gw sangat tau itu ..
dr bilang tenang..kita cek dulu pake alat denyut jantung ..
dan hasilnya ..gariss LURUSSSSSSSSSSSSS ----------------------------

badan gw lemes seketika ..air mata gw meleleh ..
sempet ndeket kearah telinga nyokap mbisikin "LAILAHAILALLOHH ..MUHAMMADAROSULULLAHH .."berulang2 kalii ..

ditutuplah sekujur body nyokap pake kain kafan ....
YaALLahh ...inilah endingnya ...

ade gw ?? gw liat dia seperti nangis+marah ..
dia bilang dokternya ga ngapa2in ..dokternya diem aja ..ngeliatin doang ..
usaha dulu ? mau usaha gimana lagi ?
ga da gunanya dipegang dokter ..sama aja ..
dia ga tau kalo dokter tu ga da ngaruhnya ..dia tu ga tau medis ..ga da yang sala ..inilahh waktunya ..

percayalah kalo inilah kehendak ALLAH swt ..
"innalillhi wainailaihi rojiun " semua kan kembali ke ALLAHH SWT..

setelah itu gw inget ade gw ?? w telfon ade bontot gw ..
ha..mama udah ga da ..
disebrang telfon ade gw bilang "sumpe lo ??"
masih sempet2nya dia becanda ..
iya, gw serius ..untuk yang satu ini buat apa gw main2 .

bokap? ga ada satu pun yang ngasih tau ke bokap kalo nyokap dah ga da ..
tetangga gw bilang jangan dikasih tau dulu ntar bawa mobilnya jadi ga
konsen trus...  "AMIT !!AMIT !!"bisa jadi cilaka ..

ade gw ahirnya dateng juga ..ketemu gw air matanya langsung meleleh ..
nangis sejadi2nya ..meluk gw sambil nangis and nambah gw pingin nangiss ..

gw telfon sodara2 gw .. gw suruh ade gw kasih tau juga om gw ..
ade gw bilang kalo nyokap udah ga da ..
om gw ga percayaa .."jangan becanda kamu .. udah malem nih "kata om gw .

tadi tu miaziz abis nanya ma mbaica ..
iya ..itu tadi ..tapi skarang ?

parahnya lagi ..pas bokap dateng ..
langsung dibawa ke ruang jenazahh ..HISTERISSnya minta ampun ..
yaAmpunn ..bokap gw ..kenapa sendirian kekamar jenazah ..

bokap udah datengg? kenapa ga ada yang kasih tau gw ?
gw langsung kekamar jenazah ..bokap langsung lemes tersungkur ..
gw peluk dia ..gw coba tenangin dia ..temen gw yang baik hati bawain segelas air ..

gw minumin air itu kemulutnya ..kita berdua deprok bareng dikamar jenazah penuh tangis ..
gw sangat tau ..bokap terpukul ..tapi sudahlah jangan begini ..

cuma bokap sekarang ortu gw ..jaga diri jangan sakit ..
SEHAT2lah ..nanti kami sama siapa? kami gimana?
sekarang cuma bokap yang gw punyaa ..

dibawalah jasad nyokap pake ambulan ..sodara2 gw berdatangan ..
tetangga2 .. semua orang yang kenal nyokap ..banyak juga ..
semua orangpun udah siap dengan tenda and rumah gw yang ternyata udah siap ... dah dikosongin ma tetangga2 gw ..[terimakasihh ..tetangga2ku yang baik hatii ..]

tante gw dateng ..dia cukup sedih and histeriss ..gw juga tau banget dia sangat sayang ma nyokap ..ma kita cz w juga tw banget dari kecil dia dah bareng ma nyokap ..

dikubur dimana ???dijawa !!!yaa,dijawa aja ..dit4 kelahirannya ..semua keluarga sepakat dikubur dijawa aja ,,

tetangga2 w bilang kubur disini aja ..biar doainnya deket ..
doa ga mesti dikuburannya kan ???jauh pun kita akan tetep doa ko bwat nyokap ..

justru kalo dijawa malah kita yakin akan ada banyak yang doain nyokap n ngurusin kuburan nyokap ..secara sesepuh n sodara kan lebih banyak disana dari pada disini ..

tanpa pikir panjang w n bokap rembukan setuju nyokap dikubur di tanah jawa kampung halaman ..

malem itu juga kira2 jam 23.00 kita caW ke jawirr ..
pake ambulansnya punya muhamadiyyah nyewa 2,5 jet ..
alhamdullilahh kita dibantu ma pa rw n warga2 1,5 jadi kita cuma bayar 1jet ..

w ,bokap n dua ade w diambulans bareng jasad nyokap diblakang ..
didepan pa rw disebelahh supir ambulans ..

pake 1mobil lagi yang ngikut dibelakang kita sodara2 w plus2 krabat2 n tetangga 2 ..

nangis di ambulan ..penuh doa diambulans ..semua sedihh ..semua haru ..
w ngantukk tapi ga bisa tidur ..w laper n w juga capek cz pulang kerja langsung OTW ke jawirr ..
w liat dibangku sebelah pintu saping ambulans w liat bokap juga keliatan capek ..
keliatan ngantuk ..sama !!dia juga belum istirahat ..
bokap masih pake seragam kerja ..

malem makin larutt ..berapajam lagii nyampe ???mungkin pagi ataw subuh baru sampe ..
semua hp kami ..kita..bergantian saling bunyi ..
sms ..telpun masuk ..bela sungkawa ..

cepet jugaa beritanya nyebarr ..
ahirnya subuh jugaa ..kedengeran adzan subuh mengumandangg ..

kita berenti sebentar buat sholat subuh dimesjid,kira2 kita saat itu dah sampe CIREBON ..

sin9kat ..cepet ..sekejap ..itulah yang w rasain saat itu ..
seketika w jadi anak piatu dalam hitungan detik ..

bwat terahir kalinya ..setelah nyokap dimandiin ..disolatin ..
anak2nya dikasih kesempatan buat liat wajah nyokap bwat terahir kalinya ..
ALHAMDULLILAHH ..wajahnya tenang ..allah maha pengasih lagi penyayangg ..

w n ade2 w ikut mandiin nyokap ..
w ikut ke pemakaman ..w nyaksiin nyokap ditimbun tanah perlahan ..
jelas betul memori itu diingatan w ..
kutaburkan bunga diatas pusaran tanah ibuku ..
dibacakannya yasin dan doa2 untuk ibuku ..

inilahh keNyataannya kalo ibuku telah tiada ..
disurat kematian tertulis penyebab kematian tidak diketahui ..
BODOH !!!sudah jelas2 gagal pernafasan knapa masih dibilang tidak diketahui penyebabnya ??

mereka bilang akibat obesitas ..jantung sulit mompa tertutup lemak ..
terserah apa sebabnya ..tapi satu yang sampai sekarang kuyakini ..
pernah ada yang menyampaikan padaku "mungkin ALLAH SWT ingin menaikkan derajat kami "AMIEENN ..
satu hal lagii yang harus kuingat ada 1orang yang kucintai disana yang sangat membutuhkan doaku ..

AMIEEN ..AMIEENN ..YAROBBALALAMINN ..

allahummaj al wa aushil mistla tsawaabi
ma qaarak tuhuu khususon ilaa ruuhi umi sri wilayati ibundaku tercinta ..
Allaahumagfirlahu warhamhu wa'afihi wafuanhu wa akrimu nuzu lahu wawashi
mad kha lahu wataqqabbal hasanaa tihi birahmatika yaa arhamarrahimin ..

AMIEEN ..YA ALLAH ..kabulkanlah doaku .. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar